Kamis, 16 Mei 2013

Bangun Jalan Desa Tujuh Kilo Meter

       KAYUAGUNG, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90 di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) membangun jalan poros desa sepanjang 7 kilometer (KM) di Kecamatan Cengal. Kegiatan lainnya adalah pembuatan 3 unit Pos Kamling di Desa Talang Makmur Kecamatan Sungai Menang, dan pemasangan gorong-gorong di 8 titik Dusun VIII Desa Suka rami Kecamatan Cengal. Selain itu juga dilakukan kegiata non fisik, seperti penyuluhan bahaya narkoba.
       Dana untuk pembangunan jalan sepanjang 7 KM dengan lebar 6 meter itu dialokasikan Rp 650 juta dari APBD Kabupaten OKI Tahun Anggaran 2013. "Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun," kata Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI Letkol Inf Manggaraja Simanjuntak didampingi Pasi Intel Lettu Hatta kepada wartawan di Kayuagung, Rabu (15/5).
       Menurut Dandim, program TMMD ini sudah direncanakan sejak Tahun 2012. Tahun ini sasarannya adalah Kecamatan Cengal dan Sungai Menang. "Di Cengal kita bangun jalan sepanjang 7 KM lebar 6 meter dari Dusun VIII hingga Dusun VII," kata Dandim, sembari menambahkan, TMMD ini dimulai 14 Mei hingga 3 Juni 2013.
       Dandim menyebutkan, pelaksanaan TMMD Tahun 2013 ini melibatkan 70 anggota Kodim 0402/OKI, 32 anggota Yonkav 5/Serbu, 10 anggota Lanal Palembang, 10 anggota Lanud, 10 personil Polres OKI. "Hal ini adalah bentuk nyata TNI dalam membantu pemerintah dalam pembangunan dari desa menuju kota," jelasnya.
       Pembina upacara pembukaan TMMD di Kecamatan Cengal, Kolonel Penerbang Dirk Polje Lengkey mengatakan, program TMMD dilaksanakan rutin dua kali dalam setahun, merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI dan pemerintah serta lapisan masyarakat.
       "Proses perencanaan TMMD disusun dengan sistem bottom up planning, yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat, dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi, hingga ditetapkan menjadi program TNI Manunggal membangun Desa, yang menjadi prioritas adalah wilayah tertinggal," jelasnya. Wakil bupati OKI, H Engga Dewata Zainal SSos menyambut baik kegiatan TMMD Tahun 2013 oleh Kodim 0402/OKI itu. (std)
Sumber : Sriwijaya Post

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar