Selasa, 02 Juli 2013

Hapus tunjangan hari raya (THR) PNS Pemprov

       PALEMBANG, Untuk Lebaran tahun ini, tak ada tunjangan hari raya (THR) untuk PNS di lingkup Pemprov Sumsel. Keputusan ini melanjutkan kebijakan tahun lalu yang juga meniadakan "uang lebaran" bagi PNS.
       Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumsel, Laonma Pn Tobing mengungkapkan, penghapusan THR ini karena memang tidak ada aturan yang mewajibkan untuk itu.  "Sebenarnya, pemberian THR sudah kita hapuskan sejak tahun lalu. Tahun ini kita lakukan lagi. Artinya, kita tidak lagi memberikan THR bagi PNS di lingkup Pemprov Sumsel," ujarnya, kemarin. Namun PNS Pemprov tak perlu kecewa. Sudah ada dana pengganti THR. Dana itu dikenal dengan tambahan penghasilan pegawai (TPP). "Pengganti THR yaitu TPP," kata Laonma.
       Pemberlakuan sistem itu justru akan membuat penghasilan PNS bertambah. Pemberian TPP dilakukan setiap tahun oleh Pemprov Sumsel. "TPP itu diberikan bersamaan dengan gaji ke-13 yang diterima para PNS. Besarannya disesuaikan dengan golongan PNS bersangkutan," jelasnya.
       Pencairan TPP dilakukan secara bertahap, dimulai dari SKPD yang telah mengajukan surat perintah membayar (SPM). Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Palembang, Hoyin R mengatakan, gaji ke-13 tahun ini hanya dikenakan pajak penghasilan (PPh). Pembayaran untuk gaji ke-13 pegawai golongan I mencapai Rp202,9 juta, golongan II Rp4,4 miliar, golongan III Rp20,3 miliar dan golongan IV Rp37,9 miliar. Dana ini belum dipotong PPh sebesar Rp2,8 miliar. (rip/yun/ce2).
Sumber: Sumatera Ekspres.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar